MAULA, AYU DWI (2024) Efektivitas model pembelajaran think pair share berbantuan media pizza pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri 3 Blimbingrejo, hasil nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 59,27. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang berfungsi mengembangkan pola interaksi antar siswa. Media Pizza Pecahan yaitu media yang dibuat untuk membantu siswa agar dapat menyelesaikan soal permasalahan secara mandiri dengan lebih konkrit. Kemampuan pemecahan masalah yaitu suatu usaha siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara mandiri. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Penelitian Pre-Eksperimental Design ini akan dilaksanakan di kelas III SD Negeri 3 Blimbingrejo dengan subjek penelitian 11 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik Paired Sampel T-Test dan N-Gain. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan nilai posttest siswa lebih baik daripada nilai pretest, dilihat dari analisis uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig. 0,000 > 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hipotesis kedua menunjukkan hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,5 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran penggunakan model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan mencapai kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | hink Pair Share, Pizza Pecahan, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:36 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
