Efektivitas model pembelajaran ttw berbantuan media scrapbook ”nakoku” terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas iv sdn 01 bulungcangkring

MIFTAKHUSSA’ADAH, MIFTAKHUSSA’ADAH (2024) Efektivitas model pembelajaran ttw berbantuan media scrapbook ”nakoku” terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas iv sdn 01 bulungcangkring. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan perkembangan kurang dalam kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasan kedalam kalimat yang akan ditulis kedalam sebuah karangan. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri 01 Bulungcangkring, hasil nilai rata-rata kemampuan keterampilan menulis karangan siswa yaitu 71,05. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write (TTW )berbantuan media Scrapbook dalam keterampilan menulis karangan narasi. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) merupakan salah satu model pembelajan yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N 01 Bulungcangkring karena model pembelajaran tersebut melibatkan siswa dalam berpikir, berbicara, dan menulis. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat membantu siswa dalam kemampuan pemahaman dan komunikasi siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran untuk mengkomunikasikan hasil pemikiran. Penelitian Pre-Eksperimental ini akan dilakukan di kelas IV SD Negeri 01 Bulungcangkring dengan subjek penelitian 37 siswa. Variabel terikat pada penelitian ini adalah efektivitas keterampilan menulis. teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik Paired Sampel T-Test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan skor uji paired sample t-test nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Siswa memperoleh hasil rata-rata 70,42. Sedangkan dari uji N-Gain memperoleh peningkatan sebesar 0,57 yang dikategorikan sedang. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan model Think Talk Write (TTW) terbukti berpengaruh dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media Scrapbook Nakoku.Sehingga guru dapat menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media Scrapbook Nakoku.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Think Talk Write, Scrapbook, Keterampilan Menulis Narasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:48
Last Modified: 02 Jun 2025 07:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24080

Actions (login required)

View Item View Item