WAHYU ROMADLON, MUHAMMAD SIGIT (2024) Penerapan model flipped classroom berbantuan vac terhadap hasil belajar siswa kelas v sdn kayuapu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu terkait hasil belajar kognitif siswa pada kompetensi IPAS yang rendah di kelas V SDN Kayuapu. Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan oleh guru serta terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Oleh karena itu peneliti menerapkan model flipped classroom berbantuan VAC untuk menujang kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom berbantuan VAC dan mengetahui peningkatah hasil belajar siswa. Model flipped classroom merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah, saat di kelas siswa melakukan pendalaman materi melalui berbagai kegiatan interaktif di dalam kelas. VAC (video animasi cahaya) adalah media audio visual dengan menggabungkan gambar animasi dengan diikuti audio pada materi melihat karena cahaya. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental design, tepatnya menggunakan One Group Pre test - Post test Design. Teknik penggambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 20. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 20. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdapat dua tahap yaitu tahap awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas dan tahap akhir berupa uji paired sample t-tast dan uji n-gain. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukan nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai rata-rata 87.95, sedangkan sebelum diberikan perlakuan memperoleh nilai rata-rata 57.00. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan yang signifikan yakni memperoleh nilai rata-rata N-Gain score sebesar 0,7335 yang berkategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model flipped classroom berbantuan VAC berpengaruh positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kayuapu, khususnya pada mata pelajaran IPAS.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti , S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Flipped Clasroom, VAC (Video Animasi Cahaya) , Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:28 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
