Hubungan antara konsep diri dan dukungan keluarga dengan penerimaan diri pada orang tua dengan anak disleksia

FARIDA PUPUT, OKTAFIANI (2024) Hubungan antara konsep diri dan dukungan keluarga dengan penerimaan diri pada orang tua dengan anak disleksia. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Setiap orang tua menginginkan anak berkembang secara normal, tidak terkecuali anak disleksia, banyak orang tua yang sulit menerima anak disleksia, dikarenakan rendahnya konsep diri dan dukungan keluarga, hal ini menyebabkan orang tua merasa sedih, malu, menyalahkan diri sendiri dan tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, sehingga proses penerimaan diri orang tua terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan keluarga dengan penerimaan diri pada orang tua dengan anak disleksia. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak disleksia sebanyak 20 responden dari sekolah disleksia cendekia kudus, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Pengambilan data menggunakan skala penerimaan diri, konsep diri, dan dukungan keluarga. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua predictor, Hasil hipotesis mayor ada hubungan yang signifikan antara konsep diri, dukungan keluarga dengan penerimaan diri dengan sumbangan efektif 34,8%. Hasil hipotesis minor antara konsep diri dan penerimaan diri terdapat hubungan positif yang signifikan dengan sumbangan efektif 34,7%. Hipotesis minor dukungan keluarga dan penerimaan diri terdapat hubungan positif yang signifikan serta memiliki sumbangan efektif 16,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan dukungan keluarga berpengaruh terhadap penerimaan diri orang tua dengan anak disleksia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Trubus Raharjo, S.Psi., M.Si Dosen Pembimbing: 2.Latifah Nur Ahyani, S.Psi., M.A.
Kata Kunci: dukungan keluarga, konsep diri, dan penerimaan diri.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:00
Last Modified: 05 Jun 2025 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24114

Actions (login required)

View Item View Item