Pengaruh pembelajaran menggambar figuratif berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik kelompok b di raudhatul athfal kecamatan jekulo

FITRIANA, IKA (2025) Pengaruh pembelajaran menggambar figuratif berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik kelompok b di raudhatul athfal kecamatan jekulo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Fitriana, Ika (2024). Pengaruh Pembelajaran Menggambar Figuratif Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pada Peserta Didik Kelompok B Di Raudhatul Athfal Kecamatan Jekulo Pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terhadap media pembelajaran untuk menyelidiki dan menyimpulkan sendiri solusi atau jawaban dari suatu permasalahan. Kreativitas pada anak usia dini mempunyai ciri khasnya sendiri, kreativitas anak dikoridori oleh keunikan gagasan dan tumbuhnya imajinasi serta fantasi anak. Lebih lanjut lagi bahwa anak usia dini sangat menyukai segala sesuatu yang indah, berwarna-warni, menantang dan ekploratif. Mereka ingin menggali dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap semua yang ada disekitarnya. Selama ini anak sering menggambar atau melukis dengan media pensil, karyon atau dengan pensil warna saja. Anak sering takut dengan sesuatu yang terlihat kotor. Oleh sebab itu peneliti memilih suatu kegiatan yakni menggambar figuratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk peserta didik kelompok B. Adapun tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah menganalisis besar pengaruh pembelajaran menggambar figuratif berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis, dan besar pengaruh pembelajaran menggambar figuratif berbasis inkuiri terhadap kreativitas, serta menganalisis besar pengaruh pembelajaran menggambar figuratif berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik Kelompok B di Raudhatul Athfal Kecamatan Jekulo. Berkaitan dengan rancangan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode kuantitatif yang terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Dari 630 populasi yang ada, maka sampelnya adalah 86 peserta didik kelompok B RA di Kecamatan Jekulo. Adapun penelitian ini dilaksanakan di laksanakan di empat sekolah sampel, yautu RA Thoriqotun Najaha, Maslakul Huda, RA Sirojul Munir dan RA Rodlotus Sholihah pada Tanggal 12 November 2024 hinggan 25 Desember 2024. Analisis penelitian ini menggunakan metode analisis regresi liner berganda dengan menggunakan program komputer yaitu Statistik Product And Service Solutions (SPSS) versi 26 dan microsoft Excel 2013. Hasil analisis regresi linear berganda tersebut, diketahui bahwa koefesien determinasi yang dinotasikan dengan R2 berarti bahwa Pembelajaran Menggambar figuratif Berbasis Inkuiri (X) dan terhadap kempampuan berepikir kritis (Y1) dan Kreatifitas Y2) Peserta Didik Kelompok B di RA Kecamatan Jekulo diturunkan dalam model sebesar 55%. Dengan kata lain, sumbangan efektif (kontribusi) variabel independen terhadap variasi (perubahan) berpikir kritis dan kreatif peserta didik adalah sebesar 100% - 55,8% = 44,2% .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Moch Widjanarko, S.Psi., M.Si. 2. Nur Fajrie, M.Pd.,
Kata Kunci: Menggambar Figuratif Berbasis Inkuiri, Berpikir Kritis,Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:24
Last Modified: 13 Aug 2025 02:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item View Item