HARLIFNA PUTRI, ADELLA (2025) Efektivitas model problem-based learning berbantuan media interaktif numerasites terhadap kemampuan numerasi siswa kelas viii. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kemampuan numerasi peserta didik tergolong rendah dengan rata-rata 27,21, hal ini terlihat dari hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan terhadap siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Mejobo. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji rata-rata kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mejobo yang menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media Numerasites lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mejobo yang mengikuti model pembelajaran PBL berbantuan media Numerasites dalam mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan (3) menguji peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mejobo yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media Numerasites. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dengan melibatkan siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini yaitu 314 siswa kelas VIII SMP 1 Mejobo. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling sehingga terpilih 68 siswa yaitu 34 siswa kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan numerasi dan dokumentasi. Analisis data awal yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir meliputi uji t dua sampel independen dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan numerasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Numerasites lebih baik daripada rata-rata kemampuan numerasi siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) rata-rata kemampuan numerasi siswa yang diajarkan dengan model Problem-Based Learning berbantuan media Numerasites mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) (3) terdapat peningkatan kemampuan numerasi sebelum dan sesudah penggunaan model Problem-Based Learning berbantuan media Numerasites dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media Numerasites berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan numerasi. Saran dari penelitian ini perlu adanya pengembangan penelitian yang lebih lanjut untuk efektivitas dan materi lain yang belum dikaji peneliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1. Dr. Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd Dosen pembimbing: 2. Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan numerasi, Media Numerasites, Interaktif, Problem�Based Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:52 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/25488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
