KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 1 JURANG, GEBOG, KUDUS

Sa’adah, Nailis (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 1 JURANG, GEBOG, KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Sampul]
Preview
PDF (Hal Sampul)
JUDUL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (390kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara kepada guru kelas IV SD 1 Jurang ditemukan bahwa guru sering menggunakan ceramah kepada siswa karena dianggap lebih mudah dan efisien, guru jarang menggunakan alat atau media dalam membantu proses pembelajaran, siswa kurang dilibatkan secara langsung melalui praktik atau observasi. Demikian juga hasil nilai UAS IPA semester 1 nilai rata-rata kelas mencapai 65, padahal SD 1 Jurang menetapkan KKM IPA 68. Dari 13 siswa, 8 siswa (61,5%) mendapat nilai >68 (tuntas), sedangkan 5 siswa (38,5%) mendapat nilai <68 (belum tuntas). Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar masih rendah dan belum mencapai kompetensi yang diharapkan. Rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan “energi panas dan energi bunyi, dan apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi IPA pokok bahasan “energi panas dan energi bunyi?” Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi IPA pokok bahasan “energi panas dan energi bunyi”. Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang dikembangkan untuk melibatkan banyak siswa dalam pemahaman materi dengan cara setiap siswa diberi nomor yang berbeda lalu guru memanggil nomor tersebut secara acak sehingga diharapkan siswa siap semua dalam pembelajarannya. Prestasi belajar IPA merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar pada materi IPA. Dalam penelitian ini yang menjadi bahan pembahasan adalah materi “energi panas dan energi bunyi”.Hipotesis penelitian adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD 1 Jurang, Gebog, Kudus. Lokasi penelitian di SD 1 Jurang, Gebog, Kudus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 1 Jurang Gebog, Kudus tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 13 siswa. Tindakan dalam penelitian terdiri dari 2 siklus dengan rincian tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa. Pada prasiklus diketahui nilai rata-rata siswa 65 (sangat kurang), setelah ada tindakan pada siklus I meskipun masih dalam kategori yang sama, namun ada peningkatan pada nilai rata-rata, yakni mencapai 66,85 (sangat kurang). Prestasi siswa meningkat lagi pada tindakan siklus II dengan nilai rata-rata 79,15 (cukup). Pada prasiklus jumlah siswa yang tuntas 8 siswa (61,5%), dan yang belum tuntas mencapai 5 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 9 siswa (69,2%). Sedangkan pada akhir siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai 12 siswa (92,3%), dan yang belum tuntas hanya 1. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD 1 Jurang, Gebog, Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini ditujukan kepada sekolah, guru, dan siswa. Pihak sekolah dan guru diharapkan dapat meningkatkan mutu belajar siswa yang lebih menitikberatkan pada proses daripada hasil agar siswa lebih aktif dengan cara pembelajaran secara langsung dan penggunaan model-model pembelajaran yang bervariasi, dan bagi siswa hendaknya memperhatikan guru dan lebih aktif dalam pembelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing1:Dra.Sumarwiyah,M.Pd.Kons., Pembimbing2:Khamdun, S. Pd, M. Pd.
Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), prestasi belajar IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Apr 2014 03:02
Last Modified: 23 Apr 2014 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item