UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 1 KUDUS

Amalia, Lisa (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 1 KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul  ]
Preview
PDF (Halaman Judul )
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (731kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran IPS di sekolah dasar hanya menonjolkan kemampuan kognitif saja. Kemampuan afektif dan psikomotorik siswa jarang diperhatikan guru. Padahal ketiga aspek tersebut berkaitan satu sama lain dan erat kaitannya dengan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung di MIN 1 Kudus. Aspek afektif dan psikomorik siswa kurang diperhatikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan afektif dan psikomotorik siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching?”. Manfaat praktisnya yaitu bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Tujuan dari penelitian ini antara lain meningkatkan kemampuan afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Kemampuan afektif berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek, yakni penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan internalisasi. Kemampuan psikomotorik berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak. Quantum Teaching menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas. Hipotesis tindakan pada penelitian ini yakni kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model quantum teaching materi pada kenampakan alam dan hubungannya dengan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV MIN 1 Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV MIN 1 Kudus dengan subjek penelitian adalah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, studi dokumenter. Instrumen yang digunakan antara lain tes hasil belajar, lembar observasi, lembar kerja siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah quantum teaching. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan afektif dan psikomotorik siswa. Penilitan pada hasil belajar pada aspek kognitif dilihat dari hasil analisis data pra siklus sebesar 61,54%. Selanjutnya siklus I sebesar 84,62% dan siklus II mengalami ketuntasan sebesar 100%. Aspek afektif siklus I sebesar 2,01 kategori cukup baik, selanjutnya siklus II sebesar 2,71 kategori baik. Aspek psikomotor siklus I sebesar 2,39 dengan kategori cukup baik dan siklus II sebesar 2,60 dengan kategori sangat baik. Pada pegelolaan guru memperoleh kategori pembelajaran baik dengan persentase 2,8 pada siklus I. Siklus II pengelolaan pembelajaran guru memperoleh persentase sebesar 3,2 dengan kategori pembelajaran baik. Simpulan penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV MIN 1 Kudus. Saran untuk siswa agar lebih menggali potensi yang dimilikinya, yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Seharusnya guru lebih memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya dengan melaksanakan tugas pokok secara profesional, mengkaji dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif sebagai upaya untuk meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd Pembimbing II : Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Afektif, Psikomotorik, Model Quantum Teaching, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2014 03:53
Last Modified: 05 May 2014 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item