PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khoiriyah, Ziaul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS IV SD 3 WATES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (819kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnya hasilbelajar IPS siswakelas IV di SD 3 WatesUndaan Kudus.Rendahnyahasilbelajarsiswadikarenakanpembelajaranmasihberpusatpada guru.Oleh sebab itu, penerapan modelContextual Teaching and Learning (CTL)diharapkandapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswa. Adapun rumusanmasalahpadapenelitianiniadalahbagaimanakahpeningkatanaktivitassiswa, peningkatkanhasilbelajarsiswa, sertaketerampilan guru mengelolapembelajaranmelaluipenerapanModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL)padamatapelajaran IPS materiKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. Tujuandilaksanakanpenelitianiniadalah (1) mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswamateriKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus, (2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamateriKegiatanEkonomipadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus, dan (3) mendeskripsikanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiswakelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. IPS merupakanintegrasidariberbagaicabangilmu-ilmusosialsepertigeografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologidansebagainya yang disajikansecarapsikologisuntukkepentinganpendidikan.Selainitujugafokusdalammengkajiberbagaiaktivitasmanusiadalamberbagaidimensikehidupan social. Model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL)adalahkonsepbelajar yang membantu guru dalam proses pembelajarandenganadanyaketerkaitanantaramateri yang diajarkandengansituasidunianyatasiswasehinggamendorongsiswamembuathubunganantarapengetahuan yang dimilikinyadenganpenerapandalamkehidupansehari-hari. Penelitianini merupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) yang menerapkan dua siklus dengan model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL). Adapun desain PTK ini menggunakan desain Stephen Kemmisdan Robin Mc Taggart denganlangkah yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Mengenai metodepengumpulan data menggunakanobservasi, tes, wawancaradandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan meliputi teknik kualitatifdankuantitatif Hasilpenelitianpada siklus I menunjukan aktivitassiswasiklus I mencapaipersentase 69,98% dengankriteria “tinggi” danmengalamipeningkatansiklus II mencapaipersentase 84,43% dengankriterian “sangattinggi”. Hasilbelajar IPS siswaranahkognitifpadasiklus I 68% danpadasiklus II meningkatmenjadi 96%.Hasilbelajar IPS ranahafektifsiswasiklus I mencapaipersentase72,12% dengankriteria “tinggi” dansiklus II meningkatmenjadi 86% dengankriteria “sangattinggi”. Hasilbelajar IPS ranahpsikomotoriksiswasiklus I 67,84% dengankriteria “tinggi” dansiklus II meningkatmenjadi 83,66% dengankriteria “sangattinggi”. Sedangkanketerampilan guru dalampembelajaranmencapaipersentase72,5% dengankriteria “tinggi” danmengalamipeningkatansiklus II menjadi89% dengankriteria “sangattinggi”. Simpulandalampenelitianiniyaknipenerapan model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL)dapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswabaikdariranahkognitif, afektifmaupunpsikomotorik, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 3 WatesUndaan Kudus. Saran dalam penelitian ini,siswahendaknyaberaniberpendapat tentang apa yang telah mereka temukan di lingkungan, selainitukerjasamakelompokjugaperluditingkat agar hasil yang diperolehlebihmaksimal.Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatifdenganmengaitkanmateri yang dipelajaridengankehidupannyatasiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I :Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing II :Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: HasilBelajar IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 18 Aug 2014 03:00
Last Modified: 18 Aug 2014 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item