MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODEDEMONSTRASI MEMASANGKAN KONSEP BILANGAN YANG SAMA DI KB MUSLIMAT NU

SETIYANI, SILVIA (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODEDEMONSTRASI MEMASANGKAN KONSEP BILANGAN YANG SAMA DI KB MUSLIMAT NU. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan observasi di KB Muslimat NU (Alma) Ploso-Kudus anak-anak menunjukkan kurangnya ketelitian dalam mengerjakan sesuatu dan ada beberapa dari anak dari KB Muslimat NU (Alma) Ploso Kudus yang kurang lancar dalam menulis angka. Agar keterampilan motorik halus anak dalam kegiatan menulis angka dapat meningkat maka layanan bimbingan dan konseling yang akan digunakan untuk meningkatkan motorik halus siswa adalah layanan penguasaan konten. Dalam penelitian ini, rumusan masalah adalah: Bagaimana Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Demonstrasi Kegiatan Memasangkan Konsep Bilangan yang Sama dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Siswa KB Muslimat NU (Alma) Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini: Mendeskripsikan peningkatan keterampilan motorik halus pada siswasebelum dan sesudahmendapatkan layanan penguasaan konten pada siswa, diperolehnya peningkatan keterampilan motorik halus pada siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode demonstrasi kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama pada siswa KB Muslimat NU (Alma) Kudus tahun pelajaran 2013/2014 Kegunaan dalam penelitian ini: kegunaan teoritis:1.Dapat menjelaskan perkembangan kemampuan motorik halus anak, 2.menambah perbendaharaan referensi bahan pustaka penelitian tentang pendidikan bimbingan dan konseling anak usia dini, 3.dapat mengetahui berapa besar kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak serta ketelitian anak dalam mengerjakan soal. Kegunaan praktis: 1.Kepala Sekolah dapat mengetahui sarana dan prasarana serta fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan dalam bimbingan dan konseling terutama layanan penguasaan konten terhadap keterampilan motorik siswa, 2.Guru dapat memberikan bimbingan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui metode demonstrasi kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama, 3.Orang tua juga mengawasi atau membimbing anaknya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama, 4.Anak memperoleh bimbingan belajar yang bermanfaat dari guru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dan memahami tentang bilangan, 5.Peneliti selanjutnya dapat memberikan media yang lebih menarik agar siswa dapat tertarik dengan kegiatan yang dilakukan dan dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus siswa.Sesuai judul penelitian, maka ruang lingkup penelitian adalah Keterampilan Motorik Halus dan Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Demonstrasi Memasangkan Konsep Bilangan yang sama pada siswa KB Muslimat NU Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesis tindakan yang dirumuskan peneliti adalah “Layanan Penguasaan Konten dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa pada Usia 4 tahun dengan Menggunakan Metode Demonstrasi kegiatan Memasangkan Konsep Bilangan yang Sama KB Muslimat NU (Alma) Ploso Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (deskriptif kualitatif) dengan subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa. Variabel penelitian ini adalah: variabel X (Layanan Penguasaan Konten dengan metode demonstrasi) dan variabel Y (Motorik Halus Kegiatan Memasangkan Konsep Bilangan yang Sama). Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, setiap siklus sebanyak 3 kali pertemuan.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengkaji tentang kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama melalui layanan penguasaan konten dengan metode demosntrasi pada siswa KB Muslimat NU (Alma) Ploso Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Nilai rata-rata yaitu pada pra siklus mendapatkan kategori sangat kurang yaitu dengan nilai sebesar 13 (26%), pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 32 (63%) dengan kategori baik, dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata sebesar 37 (74%) dengan kategori sangat baik.Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Simpulan dijelaskan bahwa setelah diberikan layanan penguasaan konten terjadi peningkatan pada keterampilan motorik halus siswa, dengan rata-rata pada pra siklus sebesar 13 (26%), meningkat pada siklus I sebesar 32 (63%), dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 37 (74%) dengan peningkatan sebesar 5 (11%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan maka hipotesis yang menyatakan “Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Kegiatan Memasangkan Konsep Bilangan yang Sama pada Siswa KB Muslimat NU (Alma) Ploso Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014” dapat diterima karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah untuk menambah sarana dan prasarana yang dapat menunjang dalam meningkatan keterampilan motorik halus siswa, guru agar menggunakan berbagai media untuk kegiatan memasangkan konsep bilangan yang sama guna meningkatkan keterampilan motorik halus, orang tua / wali murid hendaknya turut mengawasi anak – anaknya di rumah agar perkembangan motorik halus pada anak dapat berkembang dengan baik, siswa disarankan agar banyak berlatih menggunakan alat tulis dan kegiatan menulis serta berhitung agar dapat meningkatkan keterampilan motoriknya, untuk peneliti buatlah kegiatan lebih menarik agar siswa dapat mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Oct 2014 06:45
Last Modified: 02 Oct 2014 06:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item