ARIF FAHRIZA, NUR (2014) LISTENING ABILITY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 3 JEPARA TAUGHT BY USING DICTOGLOSS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version Download (693kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (144kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Mendengarkan adalah skill yang terpenting diantara empat skill bahasa.Lebih dari 45% waktu berkomunikasi dihabisakan untuk mendengarkan.Mendengarkan juga merupakan salah satu materi mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 8 SMP N 3 Jepara. Disana, guru Bahasa Inggris jarang mengadakan kegiatan mendengarkan. Guru cenderung hanya menggunakan buku paket di dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut berdampak pada nilai siswa dalam mendengarkan.Kebanyakan nilai siswa dalam mendengarkan di bawah KKM. (68) Kemampuan mendengarkan mereka masih belum bagus. Penulis menggunakan metode mengajar bernama dictogloss untuk memecahkan persoalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetes apakah ada perbedaan signifikan antara kemampuan mendengarkan dari siswa kelas 8 SMP N 3 Jepara sebelum dan setelah diajar menggunakan dictogloss pada tahun ajaran 2013/ 2014. Desain dari penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental.Penulis menggunakan group tunggal dengan pre test dan post test.Populasi diambil dari siswa kelas 8 SMP N 3 Jepara pada tahun ajaran 2013/ 2014. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengambil sampel. Dan penulis mendapatkan kelas 8C sebagai sampel dengan jumlah siswa 38. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal test pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa post - testtergolong dengan nilai rata-rata 77.87 dan standar deviasi 8.2. Lebih tinggi daripada pre test dengan nilai rata-rata 65.5 dan standar deviasi 5.71 yang dapat signifikan antara kemampuan mendengarkan siswa kelas 8 SMP N 3 sebelum dan sesudah diajar menggunakan dictogloss pada tahun ajaran 2013/ 2014.Dari perhitungan t test, t-obtained diketahui 8.11 dan t-critical ± 2.021 dengan level signifikan .05 dan degree of freedom 37.T-obtained lebih besar dari t- critical.Jadi, penulis menolak H (null hypothesis) dan menerima H (alternative 0 1 hypothesis) karena t-obtained jatuh di wilayah kritis. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyarankan bahwa dictogloss ternyata efektif dalam kegiatan mendengarkan.Juga bisa menjadi solusi bagi guru sebagai metode alternatif untuk mengajar listening disamping menggunakan peralatan umum seperti laboratorium bahasa, tape, headphone, dsb.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | Kemampuan Mendengarkan dan Dictogloss |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username librarianumk1 |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 05:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2014 05:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3418 |
Actions (login required)
View Item |