PENGARUH KETEPATAN METODE PELATIHAN, KUALITAS ISI DAN KUALITAS TRAINER TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN (Studi Kasus pada Peserta Didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna)

PANTRIMO, - (2014) PENGARUH KETEPATAN METODE PELATIHAN, KUALITAS ISI DAN KUALITAS TRAINER TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN (Studi Kasus pada Peserta Didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (87kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (19kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan merupakan salah satu upaya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan peserta untuk menguasai materi tertentu di berbagai bidang yang ditawarkan oleh lembaga kursus. Karakteristik dari segi umur sudah dewasa dan kurangnya pengalaman di berbagai bidang yang menuntut mereka untuk mengambil pelatihan di LKP. Kondisi tersebut menuntut LKP untuk mampu melayani harapan dan kebutuhan peserta baik secara individu maupun kelompok. Oleh karena itu LKP dituntut untuk memiliki kompetensinya baik secara mandiri maupun terprogram. Berkaitan dengan hal tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: apakah ada pengaruh ketepatan metode pelatihan, kualitas isi dan kualitas trainer terhadap efektivitas pelatihan pada peserta didik di LKP Nissan Fortuna baik secara parsial maupun berganda?. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh ketepatan metode pelatihan, kualitas isi dan kualitas trainer terhadap efektivitas pelatihan pada peserta didik di LKP Nissan Fortuna. Variabel dalam penelitian ini adalah meliputi : ketepatan metode pelatihan (X1), kualitas isi (X2), kualitas trainer (X3) sebagai variabel independen, sedangkan variabel lefektivitas pelatihan sebagai variabel dependen. Jenis dan sumber datanya meliputi data primer dan sekunder, sampelnya sebanyak 150 responden, pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas dilakukan kepada 30 responden (try out). Pengolahan data meliputi coding, editing, scoring, tabulasi. Analisis datanya dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F), dan koefisien determinasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama hal ini dibuktikan dengan : 1. Ada pengaruh yang signifikan variabel metode pelatihan terhadap peningkatan efektivitas pelatihan secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 4,294 > dari nilai ttabel sebesar 1,655, dan Prob Sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05. 2. Ada pengaruh yang signifikan variabel kualitas isi terhadap efektivitas pelatihan secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 3,739 > dari nilai ttabel sebesar 1,655, dan Prob Sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05. 3. Ada pengaruh yang signifikan variabel kualitas trainer terhadap peningkatan efektivitas pelatihan secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian nilai thitung sebesar 6,292 > dari nilai ttabel sebesar 1,655, dan Prob Sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05. 4. Variabel metode pelatihan, kualitas isi, dan kualitas trainer secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap efektivitas pelatihan secara simultan yang didasarkan pada hasil pengujian nilai Fhitung sebesar 97,037 memiliki nilai Fhitung > dari nilai Ftabel sebesar 2,667, dan Prob Sig. Sebesar 0,000 di bawah 0,05. Dari hasil analisis regresi berganda ternyata variabel kualitas trainer memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,324 yang berarti mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan dengan variabel ketepatan metode memiliki nilai koefisien regresinya sebesar 0,196 dan kualitas isi sebesar 0,185. Sedangkan pengaruh kontribusi atau peranan ketiga variabel tersebut sebesar 65,9% terhadap peningkatan efektivitas pelatihan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: PENGARUH KETEPATAN METODE PELATIHAN, KUALITAS ISI DAN KUALITAS TRAINER TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:10
Last Modified: 06 Jan 2015 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item