UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PERMAINAN PUZZLE KATA-KATA BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELAS A TK I’ANATUS SIBYAN WELAHAN JEPARA TA. 2013/2014

-, SUDARYANTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI PERMAINAN PUZZLE KATA-KATA BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELAS A TK I’ANATUS SIBYAN WELAHAN JEPARA TA. 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I_Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II_KAJIAN_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_Metode_Penelitian.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar Pustaka] PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (330kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi siswa yang mengalami tingkat minat membacanya rendah. Data tersebut diperoleh dari metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap guru kelas pada saat melaksanakan kondisi awal, misalnya banyak siswa yang belum dapat membedakan huruf, sulit dalam mengeja kata, pasif dalam KBM. Salah satu bantuan yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah anak adalah dengan metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan. Rumusan masalah yang akan dibahas dan diuraikan dalam penelitian ini “bagaimana pelaksanaan metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan dapat meningkatkan minat baca siswa kelas A TK I’anatus Sibyan, Jepara 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat mendiskripsikan minat membaca siswa kelas A TK I’anatus Sibyan 2013/2014. Selain itu juga untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan dengan metode permainan puzzle kata-kata pada siswa kelas A TK I’anatus Sibyan, Jepara 2013/2014. Kegunaan penelitian ini pada subjek agar dapat meningkatkan minat membaca siswa dengan cara bermain yang menyenangkan dan menantang yang mengharuskan kita sebagai pemain menyusun kembali serpihan puzzle menjadi suatu bentuk. Melalui permainan tersebut siswa dapat mengekspresikan rasa senang juga melatih kemampuan psikomotoriknya. Sehingga pembelajaran akan terasa menyenangkan. Dalam penelitian yang dilakukan membahas tentang minat baca pada siswa dan metode kegiatan permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan. Memahami potensi diri siswa sangat penting dalam meningkatkan minat membacanya. Dengan menggunakan metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan dapat menarik siswa dalam belajar membaca sehingga siswa akan lebih mudah dalam belajar membaca. Hipotesis penelitian ini adalah; “melalui metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan dapat meningkatkan minat baca siswa kelas A TK I’anatus Sibyan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014”. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 75 menit. Variabel penelitian: metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan (variabel bebas) dan minat baca siswa (variabel terikat). Berdasarkan hasil penelitian pada pertemuan pertama minat baca pada siswa belum mengalami peningkatan dari kondisi awal masih memperoleh 44% pada pertemuan kedua mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil 44%, pada pertemuan ketiga memperoleh hasil 47% nilai peningkatan 3%. Jadi hasil siklus II terjadi peningkatan dari siklus I. Pada siklus II pertemuan pertama memperoleh hasil 52%, pada pertemuan kedua memperoleh rata-rata 71% dengan nilai peningkatan sebesar 19%, pada pertemuan ketiga memperoleh rata-rata 78% dengan nilai peningkatan sebesar 8%. Jadi skor rata-rata siklus II adalah 78%. Hal ini menunjukkan metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan dapat meningkatkan minat baca pada siswa kelas A TK I’anatus sibyan Jepara. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian dapat disimpulkan metode permainan puzzle kata-kata berbasis bimbingan dapat meningkatkan minat baca pada siswa kelas A TK I’anatus sibyan Jepara. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya menambah sarana prasarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil yang optimal, 2. Guru kelas melakukan pembaharuan dalam kegiatan belajar agar tidak membosankan, 3. Bagi orang tua /wali hendaknya lebih memperhatikan anak-anaknya dalam rangka pembelajaran serta fasilitas yang mendorong sehingga meningkatkan kreatifitas anak, 4. Bagi siswa dengan adanya metode bermain, anak diharapkan dapat merasa senang karena konsep dari permainan ini adalah bermain sambil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Minat baca, bimbingan berbasis metode permainan puzzle kata-kata.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 20 Jan 2015 03:45
Last Modified: 20 Jan 2015 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3938

Actions (login required)

View Item View Item