Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 2 Medini Kudus Pada Mata Pelajaran Ips Tahun 2013/2014

AGUSTINA, MIRA (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 2 Medini Kudus Pada Mata Pelajaran Ips Tahun 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (578kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar IPS, Keaktifan siswa kelas IV SD 2 Medini Kudus rendah serta pembelajaran berpusat pada guru yang diperoleh dari data Pengamatan awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Medini Kudus pada mata pelajaran IPS?, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) menjelaskan proses penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Medini Kudus pada mata pelajaran IPS, (2) peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS. Metode pembelajaran picture and picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini yaitu: (1) Penyampaian kompetensi yang ingin dicapai, (2) Penyajian materi pengantar oleh guru, (3) Siswa mengamati gambar, (4) Siswa memasang atau mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis, (5) Siswa menyampaikan alasan urutan gambar, (6) Guru mengonfirmasi alasan siswa dan menanamkan konsep materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. (7) Kesimpulan pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture, maka hasil belajar IPS di kelas IV SD 2 Medini Kudus tahun pelajaran 2013/2014 meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data berupa Pengamatan, wawancara dan tes hasil beajar. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar pengamatan Keterampilan Guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 2 Medini Kudus. Jumlah siswa sebanyak 16 orang, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah metode pembelajaran picture and picture dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pengamatan, wawancara, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran picture and picture pada proses pembelajaran IPS, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada prasiklus menunjukkan nilai rata-rata 58,13 dengan ketuntasan klasikal 37,5%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 67,19 dengan ketuntasan klasikal 68,75%, pada siklus II hasil belajar IPS siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 81,8 dan ketuntasan klasikal 87,5%, hasil pengamatan hasil belajar afektif dan psikomotor siswa pada pembelajaran IPS menggunakan metode pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata ranah afektif 75,78% dengan kriteria ”baik” meningkat pada siklus II menjadi 81,51% dengan kriteria “baik”, skor rata-rata ranah psikomotor 76,17% dengan kriteria ”baik” meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dengan kriteria “baik” (2) hasil pengamatan Keterampilan Guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 76,3% dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 86,3%, dengan kriteria “sangat baik.” Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Medini Kudus dapat meningkat setelah diterapkannya metode pembelajaran picture and picture. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan metode pembelajaran picture and picture sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Metode pembelajaran picture and picture, hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 28 Feb 2015 04:03
Last Modified: 28 Feb 2015 04:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item