Developing Students’ Speaking Ability By Using Tic-Tac-Toe Game (A Classroom Action Research To The Tenth Iis Grade Students Of Sma Nu Kedung Jepara In 2014/2015 Academic Year)

PERMATA SARI, INKA (2015) Developing Students’ Speaking Ability By Using Tic-Tac-Toe Game (A Classroom Action Research To The Tenth Iis Grade Students Of Sma Nu Kedung Jepara In 2014/2015 Academic Year). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (754kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (278kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan berbicara adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa disamping tiga kemampuan lain dalam belajar bahasa. Melalui berbicara orang dapat berkomunikasi secara langsung dengan mempresentasikan ide mereka dalam kehidupan nyata. Mereka membuat menjadi alami daripada bentuk komunikasi lain. Salah satu tujuan adalah bagaimana cara menguasai berbicara. Kadang- kadang, para siswa dapat menguasai dan selalu mengingat semua pelajaran berbicara di sekolah dengan baik, tetapi setelah mereka selesai pelajaran, mereka kehilangan banyak kosa kata bahasa Inggris dan hanya sedikit kosa kata yang mereka ingat. Kenyataan ini terjadi pada proses kemampuan berbicara Sekolah Menengah Atas, termasuk siswa kelas sepuluh IIS di SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu siswa yang belajar mengenai ilmu sosial. Seperti yang terjadi di SMA NU Kedung Jepara. Tic Tac Toe Game membuat para siswa akan lebih tertarik dan lebih aktif dalam belajar. Mereka merasakan sesuatu yang baru dan berbeda dari apa yang mereka dapat biasanya di kelas. Penulis berharap dengan menggunakan Tic Tac Toe Game mereka akan aktif sebagai peserta dan mereka mendapatkan kesempatan mengekspresikan ide mereka. Tic Tac Toe Game adalah game yang dimainkan oleh dua pemain dengan bentuk simbol silang dan bulat di dalam satu komponen berbentuk persegi sembilan bagian; yang tujuannya memperoleh tiga baris dengan simbol silang atau bulat sebelum lawan selesai. Pemain membuat sembilan garis pada papan atau kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan bahwa Tic Tac Toe Game dapat mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada teks recount pada kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015 dan mendeskripsikan respon siswa pada Tic Tac Toe Game yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara pada teks recount. Berdasarkan pada keterangan di atas, penulis memilih siswa kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berisi dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015. Jumlah peserta didik adalah 28 siswa. Di dalam melengkapi penelitian, penulis menggunakan lembar observation, questionnaire, tes oral sebagai bahan mengumpulkan data. Dengan mengadakan penelitian tindakan kelas, di temukan bahwa menggunakan Tic Tac Toe Game mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada teks recount dan dapat mendeskripsikan respon siswa terhadap Tic Tac Toe Game yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara mereka pada teks recount. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berbicara siswa pada masing-masing siklus. Siklus I adalah 60.85 (kurang dari 65,tidak memenuhi). Siklus II adalah 71.85 (memenuhi) yang lebih tinggi dari nilai KKM dan hasil dari questionnaire menunjukkan bahwa perkembangan siswa pada kemampuan berbicara pada masing-masing siklus, respon siswa pada Tic Tac Toe Game yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada teks recount masih harus dikembangkan di siklus I dan di siklus II, respon siswa pada Tic Tac Toe Game yang bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada teks recount dapat berkembang. Lembar observation, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015 masih harus di tingkatkan dan di siklus II, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015 dapat berkembang. Oleh karena itu, penulis dapat menyimpulkan bahwa menggunakan Tic Tac Toe Game dapat mengembangkan kemampuan berbicara siswa pada teks recount pada kelas sepuluh IIS SMA NU Kedung Jepara pada Tahun Ajaran 2014/2015. Sehubungan dengan penelitian ini, ada beberapa saran di akhir laporan penelitian dan ini sangat berguna untuk guru bahasa Inggris. Saran pertama adalah guru harus membuat variasi dalam mengajar dan belajar berbicara bahasa Inggris atau juga dapat menggunakan media untuk mengatasi masalah tentang belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Saran kedua adalah guru dapat menerapakan Tic Tac Toe Game untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Ini adalah salah satu media yang membantu guru dalam aktivitas mengajar dan belajar merarik karena dapat membangkitkan respon siswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan membuat siswa menjadi aktif dalam merespon guru teman-teman mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Atik Rokhayani, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan berbicara Tic-Tac-Toe Game, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:37
Last Modified: 11 Aug 2015 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item