Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Ngepungrojo 02 Pati

SETYORINI, DWI (2015) Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Ngepungrojo 02 Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (142kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan penerapan problem based learning, (2) menemukan peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan penerapan problem based learning. Problem based learning adalah model pembelajaran yang sejak awal siswa sudah dihadapkan pada suatu masalah autentik, selanjutnya siswa mencari berbagai informasi untuk menyusun pengetahuannya guna mendapatkan penjelasan dan alternatif solusi pemecahan masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika ranah kognitif pada materi pecahan antara siklus I (73,92%), dan siklus II (91,30%), didukung dengan hasil belajar ranah afektif siklus I 72,50% (baik) menjadi 83,04% (sangat baik) pada siklus II, dan hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 71,58% (baik) menjadi 83,77% (sangat baik) siklus II. Keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I 78% (baik) menjadi 90,50% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan problem based learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Ngepungrojo 02 Pati. Disarankan dalam menerapkan model problem based learning, guru harus memberi permasalahan berkaitan dengan pengalaman siswa agar lebih mudah dipahami. Peneliti yang akan datang diharapkan dapat menyusun perencanaan pembelajaran yang matang agar diperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika, Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 09 Sep 2015 03:50
Last Modified: 09 Sep 2015 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item