Upaya Meningkatkan Moral Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.

Za’imah, Za’imah (2012) Upaya Meningkatkan Moral Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
cover.pdf - Accepted Version

Download (437kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
lampiran_all.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil survey awal di SMK Wisudha Karya Kudus, peneliti mendapatkan masih ada 25% siswa kelas X TKR 03 yang prilakunya tidak sesuai dengan nilai moral yang ada di sekolah. Dari hasil tersebut ternyata ada 10 siswa yang prilakunya tidak mentaati ketertiban di sekolah hal ini menunjukkan bahwa moral siswa kurang sesuai dengan yang seharusnya. Masalah moral tersebut penting untuk diteliti karena jika masalah moral remaja dibiarkan tanpa ada penanganan dari pihak sekolah terutama guru pembimbing, maka akan timbul masalah yang lebih serius dan berdampak buruk bagi siswa, salah satu dampaknya adalah prestasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan nilai moral siswa melalui layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling yang akan digunakan untuk meningkatkan nilai moral siswa adalah layanan bimbingan kelompok. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsi moral siswa sebelum dan sesudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Meningkatan nilai moral melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Ruang lingkup penelitian ini membahas tentang moral siswa kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus dan layanan bimbingan kelompok. Metode pengumulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, setiap siklus sebanyak 4 kali pertemuan. Variabel penelitian ini adalah: variabel X (layanan bimbingan kelompok) dan variabel Y (nilai moral siswa). Berdasarkan hasil penelitian pada observasi 10 aspek penilaian peningkatan nilai moral siswa, dapat dikatakan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok nilai moral siswa dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus yang memperlihatkan bahwa nilai moral siswa mengalami perkembangan rata-rata yaitu pada pra siklus 32%, pada siklus I 50.2% dan pada siklus II 78%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan moral siswa kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan: 1. Kepala sekolah diharapkan Menambah guru pembimbing sesuai ketentuan yang berlaku satu guru pembimbing menangani 150 siswa, memberikan jam masuk kelas pada guru pembimbing dan memotivasi guru pembimbing untuk melakukan inovasi pembelajaran, misalnya dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTK BK) dan lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan agar tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. 2. Guru Pembimbing diharapkan layanan bimbingan kelompok hendaknya perlu diberdayakan di sekolah karena dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai moral siswa kelas X TKR 03 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 3. Siswa harus menyadari akan pentingnya berprilaku sesuai dengan nilai moral yang berlaku terutama saat di lingkungan sekolah karena dengan berprilaku baik atau sesuai dengan moral maka akan mendukung siswa untuk berprestasi dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sukiman, M.Pd., 2. Dra. Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Moral Siswa; Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2012 05:12
Last Modified: 07 Nov 2012 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item