MUSFIROH, - (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
halaman_depan.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
bab_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
bab_6..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version Download (197kB) |
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanmendeskripsikanketerampilan Guru Danpeningkatanhasilbelajaripsdenganpenerapanmodel Mind Mappingpadamateripermasalahansosialkelas IV SD 6 Getassrabi. Hasilbelajarhasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Ativitas Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor.Model Mind Mappingmerupakan Model Yang Menekankanpadaketerlibatansiswauntukmemahamimateri, Menemukan Kata Kunci, Kemudiandiringkasmenjadimind Mapmenarik Yang Dapatmengasahpengetahuandankreativitassiswa. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Getassrabidengansubjekpenelitian Guru Dan30siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Danrefleksi.Variabelbebasadalah Model Mind Mapping.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajarips.Teknikpengumpulandata Dalampenelitianiniterdiridariwawancara, Observasi, Tes, Dandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniyaitupedomanobservasi, Soalteshasilbelajarsiswa, Danpedomanwawancara. Teknikanalisis Datadalampenelitianiniadalahteknikanalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianterjadipeningkatanketerampilan Guru Mengelolapembelajarandenganpenerapan Model Mind Mappingpadasiklus I Kesiklusii, Daripersentase65,95% (Baik) Menjadi 83,19% (Sangatbaik). Hasilbelajar IPS Siswajugamengalamipeningkatan.Diperolehketuntasanhasilbelajarpengetahuansiswapadasiklusi Kesiklus II Daripersentase 68,33% (Cukup) Menjadi75.33% (Baik). Hasilbelajarsikapsiswasiklus I Kesiklus II Daripersentase64% (Cukup) Menjadi 76% (Baik). Hasilbelajarketerampilansiswajugameningkatdarisiklus I Kesiklus II Denganpersentase 63% (Cukup) Menjadi75,30% (Baik). Simpulanpenelitianinibahwa Model Mind Mappingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajaripsmateripermasalahansosialpadasiswakelas IV SD 6 Getassrabi. Untukitudisarankandalammenerapkanmodel Mind Mappinglebihmemperhatikanwaktudanmemahamilangkah-Langkahnyasehingga Proses Pembelajaran Yang Dilaksanakanlebihmaksimaldansiswalebihaktifterlibatdalampembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. MASTURI, MM |
Kata Kunci: | Modelmind Mapping, Hasil Belajar IPS, Permasalahansosial. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 01:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 01:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |