TANTANGAN GURU PKn DI ERA GLOBAL

santoso, - (2013) TANTANGAN GURU PKn DI ERA GLOBAL. Proceeding seminar nasional politik pendiidkan nasional dalam tantangan. ISSN 978-602-9162-7-6

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
CCI06292016_0001.jpg - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
1-4.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Accepted Version

Download (186kB)

Abstrak

Guru merupakan salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran penting sebagai salah satu penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien yang muaranya akan menghasilkan lulusan yang diharapkan. Guru PKn di era global merupakan salah satu guru yang memiliki peran yang sangat penting mengingat pengaruh arus globalisasi yang bisa berdampak negatif terhadap moral siswa. Kinerja guru PKn harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global semakin meningkat. Rumusah masalah yang akan dikaji adalah 1). Bagaimana guru mata pelajaran PKn yang profesional di era global? 2. Bagaimana tantangan guru PKn di era global?. Guru PKn yang profesional harus memiliki empat kompetensi yang sudah ditetapkan dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesianal. Dari keempat kopetensi yang harus dimiliki guru tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena ke empat-empatnya merupakan komponen yang terintegarsi dalam kinerja guru sebagai pengajar yang profesional. Guru PKn diharapkan tidak hanya transfer knowledge, tetapi harus bisa membentuk perilaku siswa yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tantangan guru PKn di era global semakin berat mengingat guru PKn dituntut untuk menjadi guru yang bisa membentuk perilaku para siswa yang memiliki moral yang baik. Untuk membentuk menjadi warga Negara yang memiliki moral yang baik tidak mudah karena perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat selain berdampak positif juga negatif. Apabila peserta didik tidak memiliki moral yang kuat tentunya siswa akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif yang bisa merusak moral siswa.

Item Type: Article
Kata Kunci: guru profesional, tantangan guru pkn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Aug 2016 02:35
Last Modified: 16 Feb 2017 10:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item