Ni’mah, Nunung Khairun (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sd 02 Piji Dawe. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (273kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru melalui model pembelajaran Group Investigation (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas V SD 2 Piji Dawe Kudus pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Group Investigation. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada pembelajaran IPS di kelas V SD 2 Piji Dawe Kudus. Penerapan model Group Investigation merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah yang diintegrasikan dengan kehidupan nyata dan melatih siswa untuk mendapatkan konsep baru yang dilakukan secara mandiri. Hasil belajar IPS adalah hasil yang diperoleh siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran IPS materi sejarah kemrdekaan Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Piji Dawe Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 63,70 meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi 72,5 Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I rata-ratanya sebesar 65,45 dan mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata menjadi 70,02. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 43% dengan nilai rata-rata kelas sebasar 65 dan mengalami peningkatan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 82% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,44. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa ranah afektif, psikomotorik dan kognitif pada siswa kelas V SD 2 Piji Dawe Kudus. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dalam pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif yakni model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Masturi, M.M |
Kata Kunci: | Group Investigation, Hasil Belajar IPS, Sejarah Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6558 |
Actions (login required)
View Item |