Mustahal , Ahmad (2017) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Live Modeling Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
PDF (BAb 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (222kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena ada beberapa siswa kelas XI IPA 2 yang masih mempunyai prestasi belajar yang rendah, seperti ketika guru mapel menjelaskan tidak diperhatikan, nilai yang masih dibawah standar KKM, dan masih ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan ulangan harian. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan pelaksanan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Live Modeling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) diperolehnya peningkatan prestasi belajar siswa setelah mendapatkan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Live Modeling. Prestasi belajar adalah perubahan tingkah laku yang penting dan diharapkan dapat mencerminkan perubahan yang terjadi sebagai hasil belajar siswa, baik yang berdimensi cipta, rasa maupun yang berdimensi karsa. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dapat memperoleh keberhasilan yang maksimal dalam proses belajar mengajar di dalam jenjang pendidikan SMA. Namun tidak semua prestasi dapat diraih oleh setiap siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa perlu dilakukan pemberian layanan yaitu melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Live Modeling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subyek yang di teliti yaitu Siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 8 siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah. Variabel penelitian yaitu layanan bimbingan kelompok teknik live modeling sebagai (variabel bebas) dan peningkatan prestasi belajar siswa sebagai (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pra siklus dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diperoleh prosentase 35% termasuk dalam kategori kurang. Kemudian setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok pada siklus I memperoleh peningkatan menjadi (59%) dalam kategori cukup dan setelah dilakukan pada siklus II prestasi belajar siswa disekolah meningkat menjadi kategori baik (80%). Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disekloah kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelanajar 2016/2017. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis (a) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara karena sudah teruji dengan memperoleh kategori (B), (b) Prestasi belajar siswa disekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara, diterima karena telah memenuhin indikator keberhasilan dengan kategori (B).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd |
Kata Kunci: | Prestasi Belajar Siswa Bimbingan Kelompok Teknik Live Modeling |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 07:01 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 07:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6854 |
Actions (login required)
View Item |