Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Papercraft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd 1 Gamong

HILMAWAN, CHARIS ADI (2017) Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Papercraft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd 1 Gamong. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (2) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (3) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas afektif dan psikomotorik peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus dengan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft. Model project based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Papercraft adalah seni membentuk suatu objek menggunakan media kertas yang hasilnya berupa tiga dimensiPemahaman Konsep merupakan proses dimana peserta didik menerima, menyerap, dan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan dan benar. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1Gamong dengan subjek penelitian 22 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model project based learning berbantuan media papercraft. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas (afektif dan psikomotorik), dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan persentase keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 65% dan siklus II menjadi 79%.Pemahaman konsep IPA peserta didik meningkat dari 74,80% pada siklus I menjadi 83,76% pada siklus II. Aktivitas (afektif dan psikomotorik) peserta didik pada siklus I sebesar 75,83% meningkat menjadi 82,08% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1Gamong dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model project based learningberbantuan media papercraftdapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPAserta keterampilan guru pada materi sumber daya alam di kelas IV SD 1 Gamong. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Project Based Learning, Papercraft, Pemahaman Konsep, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 01:28
Last Modified: 09 Feb 2018 01:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7906

Actions (login required)

View Item View Item