Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture And Picture Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sdn 2 Bakalan Krapyak

TRIYANTO , ACHMAD (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture And Picture Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sdn 2 Bakalan Krapyak. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang dialami oleh seseorang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah melakukan proses pembelajaran. Picture And Picture adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang penerapannya dilakukan dengan cara memasangkan gambar-gambar secara runtut oleh siswa berdasarkan alasan-alasan yang logis. Strategi ini digunakan untuk memberikan kemudahan memahami materi-materi yang sulit kepada siswa, serta dapat juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dalam materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian 18 siswa yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel Independen adalah model Picture and Picture, sedangkan variabel Dependen adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata persentase aktivitas belajar siswa memperoleh 79,57% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 86,21% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (2) rata-rata persentase hasil belajar ranah afektif 76,32% pada siklus I dengan kategori baik dan meningkat menjadi 83,12% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata persentase hasil belajar ranah psikomotorik 74,45% pada siklus I dengan kategori baik dan meningkat menjadi 82,64 pada siklus II dengan kategori baik. Nilai tes hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan minimal (75) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal 38,89% meningkat pada siklus I menjadi 61,11% dan 77,78% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Bakalan Krapyak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Picture and Picture.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:09
Last Modified: 09 Feb 2018 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item