LESTARI, LESTARI (2017) Penerapan Model Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (689kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (270kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui model scramble pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sari 2 kelas IV, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model scramble dapat kelas IV materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Sari 2. Hasil belajar IPS merupakan hasil perubahan aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Perkembangan teknologi. Model scramble adalah model yang menggunakan lembar soal dengan kartu acak sebagai jawaban. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model scramble dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas IV materi teknologi produksi, komunikasi, transportasi dan penerapan model scramble dapat meningkatkan keterampilan guru materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sari 2, dengan subjek penelitian yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis and MC Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Scramble dapat meningkatkan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi yang cukup signifikan antara siklus I (65,71%), dan siklus II (88,57%), didukung dengan peningkatan ranah afektif siswa pada siklus I 63,57% (cukup) menjadi 83,1% (baik) siklus II serta ranah psikomotor siswa pada siklus I 64,17% (cukup) menjadi 87,44% (sangat baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model Scramble juga mengalami peningkatan pada siklus I 73,14% (baik) menjadi 91,74% (sangat baik) siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Sari 2 Gajah Demak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SDN Sari 2 Gajah Demak. Saran yang dapat disampaikan adalah guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata kunci: Model Scramble, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 02:36 |
Last Modified: | 10 Feb 2018 02:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7948 |
Actions (login required)
View Item |