ELVIANT, ANNE MEGA PUSPITA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI PENERAPAN MODELMAKE A MATCHPADA SISWA KELAS V DI SD 2 KARANGROWO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (776kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (284kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pada mata pelajaran PKn kelas V SD 2 Karangrowo Kudus, dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama kelas V SD 2 Karangrowo Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. PKn merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk ikut serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Karangrowo Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Make A Match, adapun variabel terikatnya hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I mendapatkan 85,8% kriteria sangat baik dan meningkat pada siklus II mencapai 90,8% kriteria sangat baik; dan (2) Hasil belajar kognitif siswa dari prasiklus 60% dengan rata-rata 70 meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,33% dengan rata-rata 74 dengan kriteria baik dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 83,33% dengan rata-rata nilai 76 kriteria baik, hasil belajar ranah afektif meningkat dari rata-rata klasikal siklus I 76,73%, meningkat pada siklus II 86,36% dengan kategori sangat baik, hasil ranah psikomotorik meningkat dari rata-rata klasikal siklus I 79,34%, meningkat pada siklus II 85,77% kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD 2 Karangrowo Kudus. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran Make A Match perlu dilaksanakan pada mata pelajaran PKn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: ModelPembelajaran Make A Match, Hasil Belajar PKn, Keputusan Bersama. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 01:32 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 01:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7971 |
Actions (login required)
View Item |