PENERAPAN MODEL SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN Pkn SD N 3 KRASAK PECANGAAN JEPARA

NAIMAH, MUNADHIROTUN (2017) PENERAPAN MODEL SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN Pkn SD N 3 KRASAK PECANGAAN JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
PDF (halaman judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model simulasi dalam meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi peran serta dalam memilih organisasi sekolah. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang dari berbagai ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai akibat dari pengalaman. Model simulasi adalah model pembelajaran yang bersifat keterampilan belajar melalui pratik dalam keadaan seolah-olah nyata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 3 Krasak Pecangaan Jepara terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas dengan menggunakan rumus r_11. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Simulasi memperoleh persentase siklus I sebesar 78% (kualifikasi baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84% (kualifikasi baik). Sedangkan hasil belajar (ranah kognitif) diperoleh 73% pada siklus I dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 89% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil pengamatan ranah aktivitas siswa diperoleh 61% pada siklus I dengan kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 77% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil pengamatan afektif siswa diperoleh 51% pada siklus I dengan kualifikasi kurang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil pengamatan psikomotorik siswa diperoleh 53% pada siklus I dengan kualifikasi kurang dan meningkat menjadi 77% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap peran serta dalam memilih organisasi sekolah pada mata pelajaran PKn kelasa V SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara. Adapun saran yang diberikan yaitu siswa dapat lebih aktif dalam meningkuti pembelajaran serta model Simulasi dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Model Simulasi, Hasil Belajar PKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:29
Last Modified: 12 Feb 2018 02:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7985

Actions (login required)

View Item View Item