NISA’, KHOIRUN (2018) PENERAPAN METODE HURUF HIJAIYAH DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (STUDI KASUS DI MI SABILUL HUDA NALUMSARI JEPARA). Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (391kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (239kB) | Preview |
Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Download (658kB) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode Huruf Hijaiyah studi kasus di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dapat diketahui dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam membaca. Adanya kasus kesulitanmembacapermulaan dapat dibantu dengan menggunakan huruf hijaiyah sebagai alternatif metode pengajaran membaca permulaan.Hal ini diselaraskan dengan mayoritasnya siswa muslim yang sejak kecil sudah diperkenalkan dengan huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan mengaji. Kemampuanmembacapermulaanbagisiswasekolahdasarmerupakankemampuandasaruntukbelajardalampembelajaran yang lain.Metodedigunakansebagaipenunjangdalamkegiatanmenyampaikanmaterikepadasiswa agar tercapainyatujuanpembelajaran.Metode huruf hijaiyah merupakan metode yang menggabungkan huruf arab yang memiliki bentuk-bentuk tertentu dengan huruf latin. Penelitian kualitatif studi kasus ini akan dilaksanakan di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian 3 siswa. Penelitian ini berlangsung selama beberapa tahap hingga siswa mengalami peningkatan dalam membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian studi kasus ini, memerlukan 10 tahap bimbingan. Setiap tahap siswa mengalami peningkatan dalam membaca permulaan. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca antara lain disleksia, daya ingat dalam membaca rendah, motivasi belajar yang rendah, dan kurangnya perhatian dari orangtua. Sebagai pihak-pihak yang terkait dengan perkembangan belajar siswa, hendaknya siswa senantiasa dibimbing dan diperhatikan. Sehingga, apabila ada masalah yang terjadi, dapat segera ditindaklanjuti.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan, Studi Kasus, Huruf Hijaiyah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 03:39 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 03:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9010 |
Actions (login required)
View Item |