ELLY LESTARI, YULIANTI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA KELAS IV MELALUI MODEL OPEN ENDED BERBANTUAN MINIATUR RUMAH ADAT KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (665kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (199kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa kelas IV SD 1 Gondosari. Hasil tes kemampuan koneksi matematika menunjukkan nilai rata-rata 67,4 dengan predikat cukup. Berdasarkan permasalahan tersebut, pembelajaran menerapkan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa, keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret, serta mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus siswa kelas IV SD 1 Gondosari pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas rencana, aksi, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni soal tes pada setiap siklus, pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan belajar siswa dan lembar observasi keterampilan mengajar guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Variabel bebas adalah model open ended, sedangkan variabel terikat adalah koneksi matematika, keterampilan siswa mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret, serta keterampilan mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa dilihat dari hasil tes koneksi matematika menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematika siswa yang diajarkan menggunakan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus adalah sebesar 63,33 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 31,11%. Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 78,18 dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93,33%. Keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,33 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 3,43 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika, keterampilan belajar siswa mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret, dan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran. Hendaknya guru menerapkan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Koneksi Matematika,Miniatur Rumah Adat Kudus, Open Ended |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 04:18 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 04:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9229 |
Actions (login required)
View Item |