RIZKI FAJRIATUN, FIRDA (2018) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR BERBANTUAN MEDIA MAGIC CIRCLE TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPA DAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SD 1 MAYONG LOR. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Submitted Version Download (509kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (198kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menemukan peningkatan sikap ilmiah siswa dengan diterapkannya model Quantum Teaching Tipe TANDUR berbantuan media Magic Circle Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Model Quantum Teaching Tipe TANDUR merupakan model pembelajaran yang lebih terfokus pada interaksi siswa dalam pembelajaran. Sikap Ilmiah merupakan sikap yang dimiliki oleh seorang ilmuan. Media Magic Circle merupakan media yang berbentuk lingkaran berisikan klu berupa gambar dan kalimat. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model Quantum Teaching Tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan guru serta menemukan peningkatan sikap ilmiah siswa. Penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian ini di SD 1 Mayong Lor, subyek penelitian 20 siswa kelas IVA. Variabel bebas adalah model Quantum Teaching Tipe TANDUR, sedangkan variabel terikat adalah sikap ilmiah siswa tema daerah tempat tinggalku muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Adapun instrumen penelitiannya adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I sikap ilmiah siswa secara klasikal menunjukkan persentase sebesar 72,79% (baik), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase secara klasikal sebesar 84,41% (sangat baik). Adapun perolehan tersebut dijabarkan dari setiap ranahnya, ranah Pengetahuan menunjukkan hasil persentase 70% (baik) pada siklus I meningkat pada siklus II sebesar 85% (sangat baik). Hasil pada ranah sikap siswa pada siklus I sebesar 68,32% (baik) meningkat pada siklus II sebesar 81,45% (sangat baik). Pada ranah Keterampilan siswa siklus I sebesar 78,54% (baik) meningkat pada siklus II sebesar 86,87% (sangat baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 72,2% (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 85,15% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di SD 1 Mayong Lor pada kelas IVA dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching Tipe TANDUR berbantuan media Magic Circle dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa tema Daerah Tempat Tinggalku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Quantum Teaching Tipe TANDUR, Magic Circle, Sikap Ilmiah |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9309 |
Actions (login required)
View Item |