Bekti Rahayu, Titis (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SDN 1 TANJUNGREJO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (442kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (290kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN 1 Tanjungrejo. Hasil belajar ialah apa yang diperoleh siswa setelah dilakukan aktivitas belajar seseorang yang mengalami terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Think Pair Shareadalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Video pembelajaran adalah suatu media yang menggambarkan objek disertai suara di dalamnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan video pembelajaran pada tema lingkungan sahabat kita siswa kelas V SDN 1 Tanjungrejo. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tanjungrejo dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II Siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Pair Share dan Media Video Pembelajaran. Variabel terikat adalah Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar yang memiliki tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif pada muatan pelajaran IPS siklus I memperoleh 61% (tinggi) siklus II memperoleh 82% (sangat tinggi), muatan pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh 71% (tinggi) siklus II memperoleh 89% (sangat tinggi). Aspek afektif siklus I memperoleh 72,7% (baik) dan siklus II memperoleh 82,4% (sangat baik). Aspek psikomotorik siklus I memperoleh 70,6% (baik) siklus II memperoleh 85,8% (sangat baik). Peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh 74% (baik), siklus II memperoleh 82% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media video pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema lingkungan sahabat kita siswa kelas V SDN 1 Tanjungrejo
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd, |
Kata Kunci: | Think Pair Share (TPS), Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Lingkungan Sahabat Kita |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9395 |
Actions (login required)
View Item |