DWI SANTOSA, AGUNG (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BRANTAKSEKARJATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (687kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (122kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantu media teka-teki silang pada siswa kelas IV SDN 2 Brantaksekarjati Jepara. Model pembelajaran Make A Match adalah suatu model yang dapat memupuk kerjasama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Brantaksekarjati Jepara. Dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Make A Match berbantu media teka-teki silang. Variabel terikat yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan model Make A Match berbantu media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara hasil prasiklus 59% kategori cukup (C), siklus I 74% dalam kategori baik (B), siklus II meningkat menjadi 84% kategori baik (B). Ketuntasan hasil belajar kognitif dari siklus I sebesar 71% dalam kategori baik (B), meningkat pada siklus II sebesar 86% dalam kategori baik (B). Pada ranah afektif siklus I 70% kategori baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 80% dalam kategori baik (B). Ranah psikomotorik pada siklus I 68% dalam kategori baik (B), dan siklus II meningkat menjadi 81% dalam kategori baik (B). Penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantu media teka-teki silang materi globalisasi dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Sucipto, M.Pd |
Kata Kunci: | Make A Match, Teka-Teki Silang dan Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:44 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9407 |
Actions (login required)
View Item |