NUR AFIFAH, NISA’ (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS V SDN KERANGKULON 2 DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (493kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (240kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, peningkatan aktivitas siswa, keterampilan membaca puisi dengan menggunakan model cooperative script pada siswa kelas V SDN Kerangkulon Wonosalam Demak. Keterampilan membaca puisi adalah aktivitas yang dilakukan untuk memperoleh informasi dari seseorang untuk mengungkapankan isi hati yang menjadi proses pengenalan, pemahaman dan penghayatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan 35 siswa kelas V. Variabel bebas ialah model cooperative script, sedangkan variabel terikatnya ialah keterampilan membaca puisi siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada keterampilan membaca puisi menunjukkan bahwa penggunaan cooperative script mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari tercapaianya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam penerapan model cooperative script pada siklus I memperoleh rata-rata skor 39,5 dengan persentase 72% masuk dalam kriteria penilaian baik dan meningkat pada siklus II yang diperoleh rata-rata skor 49,5 dengan persentase 90% dengan kriteria penilaian sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 66% dengan kriteria penilaian baik dan meningkat pada siklus II menjadi memperoleh persentase 86% dengan kriteria sangat baik, dan (3) ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I 60% termasuk dalam kriteria cukup dan meningkat menjadi 86% pada siklus II termasuk kriteria baik pada keterampilan membaca puisi. Kesimpulan dalam penelitian yakni model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan membaca puisi. Adapun saran yang diberikan kepada (1) bagi siswa, siswa harus lebih memperhatikan apa yang disampaikan guru dan siswa harus lebih aktif agar berani berpendapat dan percaya diri dalam keterampilan membaca puisi, (2) bagi guru, pembelajaran membaca puisi hendaknya lebih terampil dalam mengelola pembelajaran membaca puisi sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih menarik siswa, (3) bagi sekolah, sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Membaca, Puisi, Model Cooperative Script |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:29 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9440 |
Actions (login required)
View Item |