PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SD 2 BAKALAN KRAPYAK

LYANA FATMALA, DEVI (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SD 2 BAKALAN KRAPYAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan keterampilan guru, menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Model pembelajaran Make A Match merupakan model berpasang-pasangan yang nanti akan ada dua kartu yang akan dibagikan kedua kelompok yaitu kelompok soal dan kelompok jawaban. Kegiatan pembelajaran juga menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih aktif. Flashcard didefinisikan sebagai bentuk kartu bergambar yang menarik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian yang berjumlah 18 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan media Flashcard, sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran IPS yang terdiri dari keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil setelah dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match menujukkan keterampilan guru meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terdapat peningkatan dari siklus I 55,6% meningkat di siklus II menjadi 83,33%. Ranah afektif meningkat dari siklus I ke siklus II dari 71,11% menjadi 85,37%. Ranah psikomotor juga meningkat dari 68,86% di siklus I menjadi 82,18% pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SD 2 Bakalan Krapyak dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Make A Match, Flashcard, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:18
Last Modified: 04 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item