MALICHAH, AMINATUL (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ASO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGRIKU SISWA KELAS IV SD 1 JEPANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (499kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (282kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament berbantu media ASO untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru pada tema Indahnya Keragaman di Negriku kelas IV di SD 1 Jepang. Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif menggunakan turnamen akademik dan kuis-kuis. Media permainan ASO (Asah Otak) merupakan media berupa permainan untuk mengasah otak dan pemahaman siswa. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk menyerap makna materi. Aktivitas belajar merupakan berbagai aktivitas yang diberikan untuk siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Keterampilan guru merupakan keahlian yang harus dimiliki seorang guru. tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 1 Jepang dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variable bebas yakni model pembelajaran Teams Games Tournament dan media permainan ASO. Variable terikat yakni meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa serta keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Tes uji validitasnya dengan menggunakan Expert Judgemen, dan reabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha. Analisis data yang digunakan yakni data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pemahaman konsep di siklus I yaitu dengan persentase sebesar (60%) kemudian mengalami peningkatan disiklus II sebanyak (85%). Aktivitas siswa siklus I yaitu dengan persentase sebesar (73%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar (79%) dengan kriteria baik. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembeajaran siklus I (71%), siklus II (81%) model Cooperative tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema Indahnmya Keragaman di Negriku kelas IV SD 1 Jepang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Jepang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negriku kelas IV. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament adalah dengan meningkatkan pemahaman konsep siswa dan aktivitas belajar siswa
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament , Permainan ASO, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:14 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9486 |
Actions (login required)
View Item |