PUJI ASTUTIK, TRI (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN JATIREJO 2 DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version Download (491kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (379kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar PKn siswa kelas IV dalam belajar PKn materi Globalisasi melalui model pembelajaran Numbered Head Together serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar PKn kelas IV materi Globalisasi. Hasil Belajar merupakan perubahan dari perilaku seseorang yang meliputi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor dari proses belajar mengajar.adalah suatu model pembelajaran yang mengutamakan aktivitas siswa dalam mencari, mengelola, dan menyampaikan informasi dari hasil diskusi kelompok. Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran yang mengutamakan aktivitas siswa dalam mencari, mengelola, dan menyampaikan informasi dari hasil diskusi kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatirejo 2 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak yang berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data kualitatif dan tehnik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke Siklus II meningkat dari 80,17%menjadi 86,20%. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan46,67%meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Hal ini didukung dengan peningkaatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari 67,50% menjadi 78,11% dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 66,11% menjadi 77,36% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Jatirejo 2 Karanganyar Demak dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV materi Globalisasi SDN Jatirejo 2 Karangnayar Demak. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Numbered Head Together hendaknya menumbuhkan kreatifitas, minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Numbered Head Together,dan Globalisasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |