REINFORCEMENT USED BY ENGLISH TEACHERS OF SMA N 1 WELAHAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 IN TEACHING AND LEARNING PROCESS

SANUBARI, SARI (2018) REINFORCEMENT USED BY ENGLISH TEACHERS OF SMA N 1 WELAHAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 IN TEACHING AND LEARNING PROCESS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
1. Cover.pdf - Accepted Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
2. CHAPTER I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
3. CHAPTER II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
4. CHAPTER III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
5. CHAPTER IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
6. CHAPTER V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
7. CHAPTER VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
8. References.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
9. Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar guru adalah salah satu komponen utama. Guru harus membuat siswa merasa senang. Keberhasilan pengajaran tergantung pada aturan guru. Dalam proses belajar mengajar yang baik jika guru dapat menciptakan suasana yang menarik melalui pemeberian penguatan oleh siswa, penulis menggunakan teori dari Turney (1983:14). Penguatan dibagi menjadi 6 komponen antara lain penguatan melalui lisan, gerak/ isyarat, aktivitas, dekatan, sentuhan, dan penguatan symbol. Penggunaan penguatan dapat membuat siswa termotivasi, memudahkan pembelajaran, dan meningkatkan perilaku siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen penguatan yang digunakan oleh guru-guru bahasa inggris dalam proses belajar mengajar dan untuk mengetahui bagaimana guru-guru bahasa inggris mengunakan penguatan dalam proses belajar mengajar di SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah deskriptive kualitatif. Data penelitian ini adalah penguatan, sedangkan sumber datanya yaitu tiga guru bahasa inggris di SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil tersebut penulis menyatakan bahwa tiga guru Bahasa Inggris di SMA N 1 Welahan Jepara menggunakan penguatan dalam proses belajar mengajar. Pada pertemuan pertama. Guru Bahasa Inggris A menggunakan 51 penguatan, Guru Bahasa Inggris B menggunakan 64 penguatan, Guru Bahasa Inggris C menggunakan 27 penguatan Tiga guru Bahasa Inggris cenderung menggunakan pengguatan verbal. Dari hasil tersebut penulis memberi bergagai saran bahwa guru harus mengembangkan dan juga mempertahankan penggunaan penguatan untuk memberi motivasi dan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Guru menggunakan teori dari Turney (1983:14) sebagai refrensi karena sering digunakan dalam rutinitas sehari-hari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Penguatan, Guru Bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:27
Last Modified: 02 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item