Optimalisasi bumdes sebagai upaya pengembangan usaha dan pemberdayaan potensi ekonomi desa di kecamatan tahunan kabupaten jepara

SANTOSO, ARGO (2019) Optimalisasi bumdes sebagai upaya pengembangan usaha dan pemberdayaan potensi ekonomi desa di kecamatan tahunan kabupaten jepara. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintahan Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa. BUMDes sebagai pemenuhan kesejahteraan umum dan perekonomian desa, harus bisa menjadi tulang punggung desa yang dibangun dengan kokoh dan menciptakan kesejahteraan yang sesuai dengan kearifan lokal desa. Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Bumdes Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Dan Pemberdayaan Potensi Ekonomi Desa Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengetahui apasaja potensi yang ada di desa yang bisa dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan bagaimana mengoptimalisasi pengembangan usaha dan pemberdayaan potensi ekonomi desa di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian ini dengan melakukan peninjauhan lapangan untuk mendapatkan potensi desa yang bisa dikembangkan oleh BUMDes, dan Kebijakan yang dilakukan oleh pengurus BUMDes dalam mengoptimalkan peran BUMDes sebagai pengembangan usaha dan pemberdayaan potensi ekonomi desa bagi masyarakat di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, dengan melakukan pengelolaan BUMDes dengan baik. Dalam proses pendirian BUMDes memerlukan dokumen administrasi yaitu Peraturan Desa, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Keputusan Kepala Desa, Akta Notaris. Hasil analisa menghasilkanpotensi desa yang bisa dikembangkan oleh BUMDes dengan cara pengkajian lapangan, pengkajian lapangan dengan menentukan kondisi alam, sosial ekonomi, teknologi, infrastruktur, sumber daya manusia yang ada di desa dan kebijakan yang dilakukan oleh pengurus BUMDes dalam mengoptimalkan peran BUMDes sebagai pengembangan usaha dan pemberdayaan potensi ekonomi desa bagi masyarakat di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, dengan melakukan pengelolaan BUMDes dengan baik dan berdasarkan potensi yang ada di desa, sesuai dengan peraturan BUMDes. Berdasarkan kajian di atas disimpulkan bahwa Pemerintah Desa mengawasi dan memberi dukungan untuk kemajuan BUMDes dan pengurus menjalankan usaha yang dikelola BUMDes secara optimal agar tercipta kesejahteraan di masyarakat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 DR. SUBARKAH, SH, MHum Pembimbing 2 DR. HIDAYATULLAH, SH, MHum
Kata Kunci: Optimalisasi, BUMDes, Desa, Ekonomi Desa.
Subjects: Hukum > Hukum negara > Hukum internasional dan disiplin ilmu lainnya
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:55
Last Modified: 07 Sep 2020 02:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item