Penerapan model number head together (nht)berbantuan media ular tangga untukmeningkatkan hasil belajar siswa tema selalu berhemat energi muatanipsdan ipa kelas iv sdn1gemiring kidul

ADAWIYAH, ROBI’ATUL (2019) Penerapan model number head together (nht)berbantuan media ular tangga untukmeningkatkan hasil belajar siswa tema selalu berhemat energi muatanipsdan ipa kelas iv sdn1gemiring kidul. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Aspek pengetahuan dan Aspek keterampilan dengan diterapkannya model pembelajaran Number Head Together berbantuan media ular tangga pada mata pelajaran IPS materi manfaat sumber daya alam dan IPA materi sumber energy dan pemanfaatannya kelas IV SDN 1 Gemiring Kidul. Model Pembelajaran Number Head Together adalah modelpembelajara kooperatif yang membagi siswa dalam beberapa kelompok yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar dengan bekerja sama (diskusi) dalam kelompok, dan memberikan kesempatan kepada siswa yang pandai untuk membantu siswa yang lain dalam memahami materi, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara siswa serta menumbuhkan interaksi anatara siswa dan guru. Media ular tangga adalah media visual karena melibatkan indera penglihatan dalam menggunakan media tersebut dan disebut juga sebagai mediagrafik karena media ular tangga disajikan dalam bentuk gambar. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar yang meliputi tiga Aspek yakni Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gemiring Kidul pada semester genap, dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Number Head Together berbantuan media ular tangga sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Validitas yang digunakan adalah validitas isi (expert judgement). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yakni (1) hasil belajar aspek pengetahuan IPS,ketuntasan klasikal prasiklus 48% rata-rata 67,7 meningkat di siklus I menjadi 66% rata-rata 72,3 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 90% rata-rata 77,6. Sedangkan pada muatan IPA pra siklus mendapat presentase ketuntasan klasikal 52% rata-rata 67,3 meningkat di siklus I menjadi 66% rata-rata 74,7 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85% rata-rata 78. (2) hasil belajar aspek keterampilan pada muatan IPS mendapatkan presentase ketuntasan klasikal 65,2%(baik) di siklus I, kemudian memperoleh 86,3%(sangat baik) di siklus II. Sedangkan muatan IPA mendapatkan presentase ketuntasan klasikal 69,5%(baik) di siklus I, kemudian memperoleh 85,4%(sangat baik) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dan IPA kelas IV SDN 1Gemiring Kidul. Peneliti menyarankan supaya guru lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan berbagai model dan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2 Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Number Haed Toegether, Media Ular Tangga, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Sep 2020 05:12
Last Modified: 12 Sep 2020 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12625

Actions (login required)

View Item View Item