HAMZAH, MUHAMMAD VICKY (2019) Penerapan model number head togetheruntuk Meningkatkankemampuan berpikir kritis tema Lingkungan sahabat kita berbantuan media flashcard Pada siswa kelas 5sd negeri 02 dongos jepara. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (683kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (171kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (37kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model NHT berbantuan Media Flashcard Berpikir kritis yakni suatu proses berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dalam membuat keputusan yang masuk akal. NHT yakni suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan satu dengan yang lainya.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran NHT berbantuan media flashcard. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 2 Dongos dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat penelitian ini yakni kemampuan berpikir kritis. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Number Head Together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,3 dan meningkat pada siklus II dengan nilai 77,4. Kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilai 82,4 dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,5. Dan keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 72% dan siklus II sebesar 79,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Dongos dapat disimpulkan bahwa penerapan model Number Head Together berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 2 Dongos
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Nur Fajrie, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model NHT, Flashcard |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12661 |
Actions (login required)
View Item |