Penerapan model number head togetheruntuk Meningkatkankemampuan berpikir kritis tema Lingkungan sahabat kita berbantuan media flashcard Pada siswa kelas 5sd negeri 02 dongos jepara

HAMZAH, MUHAMMAD VICKY (2019) Penerapan model number head togetheruntuk Meningkatkankemampuan berpikir kritis tema Lingkungan sahabat kita berbantuan media flashcard Pada siswa kelas 5sd negeri 02 dongos jepara. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model NHT berbantuan Media Flashcard Berpikir kritis yakni suatu proses berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dalam membuat keputusan yang masuk akal. NHT yakni suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan satu dengan yang lainya.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran NHT berbantuan media flashcard. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 2 Dongos dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat penelitian ini yakni kemampuan berpikir kritis. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Number Head Together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,3 dan meningkat pada siklus II dengan nilai 77,4. Kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilai 82,4 dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,5. Dan keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 72% dan siklus II sebesar 79,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Dongos dapat disimpulkan bahwa penerapan model Number Head Together berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 2 Dongos

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model NHT, Flashcard
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:58
Last Modified: 17 Sep 2020 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item