Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Model pembelajaran think pair share dengan Berbantuan media visual pada siswa Kelas iv tema 7 (cita-citaku) Di sd n 2 datar

Muyasaroh, Siti (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Model pembelajaran think pair share dengan Berbantuan media visual pada siswa Kelas iv tema 7 (cita-citaku) Di sd n 2 datar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran Think Pair Share berbantuan media visual di SD N 2 Datar dan (2) besarnya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media visual di SD N 2 Datar. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang didalamnya terdapat tiga tahap yaitu berpikir, berpasangan, dan berbagi. Kemampuan erpikir kritis adalah kemampuan menganalisis fakta, mengevaluasi argumen serta menarik kesimpulan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Desain PTK dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat alur (langkah), yaitu (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Datar Tahun Pelajaran 2018. Teknik pengambilan data dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskripstif. Hasil penelitian ini yaitu terjadi peningkatan pada keterampilan mengajar guru dan kemampuan berpikir kritis siswa sehiungga peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Keterampilan mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh presentase 64,06% dan meningkat pertemuan 2 yaitu menjadi 73,43%. Siklus II keterampilan mengajar guru juga meningkat yaitu 73,43% pada pertemuan 1 dan 79,68% pada pertemuan. Meskipun dari siklus I keterampilan mengajar guru termasuk dalam kategori baik dan sampai siklus II juga masih pada kategori baik tetapi peningkatan keterampilan guru mengajar guru terjadi secara fluktuatif. Hal tersebut juga terjadi pada kemampuan berpikir kritis siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentasi pada siklus I pertemuan 1 yaitu 50,00% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan lagi observasi pada pertemuan kedua ternyata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 58,33% yang juga masih termasuk dalam kategori Kurang. Pertemuan 1 siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 66,67% dan pada pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 79,17%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Think Pair Share, Media Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:24
Last Modified: 14 Oct 2020 03:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item View Item