Efektivitas model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv Sdn-se gugus melati karangmalang gebog kudus Pada tema 9 kayanya negeriku

AMALIA, DIYAH RIZKI (2019) Efektivitas model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv Sdn-se gugus melati karangmalang gebog kudus Pada tema 9 kayanya negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) menemukan dan menyimpulkan ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa waktu untuk berpikir sendiri memecahkan suatu masalah yang selanjutnya didiskusikan secara berpasangan, diharapkan siswa mampu merespon dan saling membantu satu sama lain. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Melati Karangmalang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Karangmalang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD 1 Karangmalang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data awal meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan analisis data akhir meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis penelitian yang terdiri dari uji perbedaan rata-rata dan uji ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran Think Pair Share dengan pembelajaran langsung. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 82,62, sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 73,52. Hasil analisis dari uji Independent Sample T test diketahui bahwa nilai signifikansi adalah 0,027 kurang dari 0,05, (2) ketuntasan belajar pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar individual dan klasikal yaitu dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimum, hasil tersebut sesuai dengan uji One Sample t Test ketuntasan belajar secara individual diketahui nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05, sedangkan hasil perhitungan uji ketuntasan klasikal dengan uji Z diperoleh Z_hitung>-Z_tabel yaitu sebesar 0,8 > −1,65. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa model Think Pair Share efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd.,M.Pd. pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:31
Last Modified: 14 Oct 2020 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item