Peningkatan hasil belajar siswa melalui modelpembelajaransnowball throwingberbantuan media miniatur pada tema 8 daerah tempat tinggalkukelas iv sd 4 loram kulon

PRAMESTI, SELLA PUJI (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melalui modelpembelajaransnowball throwingberbantuan media miniatur pada tema 8 daerah tempat tinggalkukelas iv sd 4 loram kulon. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia siswa mencakup aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan serta aktivitas belajar siswa melalui diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Miniatur pada tema 7 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD 4 Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan suatu perubahan sikap dalam kegiatan pembelajaran dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model dengan teknik membuat dan menjawab soal tentang informasi yang telah dipelajari siswa agar melatih ingatan dan kesiapan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran ini dibantu dengan media Miniatur. Miniatur merupakan media yang menjelaskan kepada siswa mengenai rincian dari sebuah objek yang menjadi topik pembahasan secara tiga dimensi. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 siswa kelas IV SD 4 Loram Kulon. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman, wawancara, lembar soal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 112 persentase82% (baik), siklus II 126 persentase 92%(sangat baik), hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia pada aspek pengetahuan prasiklus 1105 persentase 25%, siklus I 1210 persentase 56%, siklus II 1375 persentase 81% serta hasil belajar aspek sikap prasiklus 20 persentase 63%, siklus I 485 persentase 76%, siklus II 550 persentase 86%, hasil belajar aspek keterampilan prasiklus 18 persentase 64%, siklus I 300 persentase 67%, siklus II 366 persentase 82%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kelas IV D 4 Loram Kulon Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media Miniatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD 4 Loram Kulon Kudus. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing,, siswa hendaknya berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian saat kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Snowball Throwing, Miniatur.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:03
Last Modified: 14 Oct 2020 04:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item