ROKHMAWATI, IMA (2019) Penerapan model student teams achievment Divisions untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media pantauan tema 9 kelas v sd negeri wonoketingal. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version Download (520kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version Download (311kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (350kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (211kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Divisions) berbantuan media pantauan pada tema benda-benda di sekitar kita kelas V SD Negeri Wonoketingal tahun ajaran 2018/2019. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan atau tingkat keberhasilan yang dilakukan oleh peserta didik sebagai keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diukur melalui tes. Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa untuk bekerja sama, interaksi, aktif dalam memecahkan suatu persoalan yang berbentuk belajar kelompok secara beragam. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD Negeri Wonoketingal dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Divisions) dan media pantauan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 63% dan muatan IPS dengan persentase 58% . Siklus II mengalami peningkatan yaitu pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase sebesar 79% dan pada muatan IPS memperoleh persentase sebesar 79%. Pada ranah keterampilan siklus I memperoleh persentase sebesar 77% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 84% dengan kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 73% (perlu bimbingan), pada siklus II memperoleh persentase rata-rata keberhasilan 83% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD N Wonoketingal dapat disimpulkan bahwa model Student Teams Achievment Divisions berbantuan media pantauan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan dan ranah keterampilan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Mila Roysa, M.Pd Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, M.A. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Student Teams Achievment Divisions, dan Media Pantauan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:58 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12748 |
Actions (login required)
View Item |