Penerapan model pjbl (project based learning) berbantu media mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku Kelas iv sd2 sadang kudus

YASINDI, PUTRI (2019) Penerapan model pjbl (project based learning) berbantu media mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku Kelas iv sd2 sadang kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran Project Based Learningberbantuan media Mind Mapping materi keragaman suku, bahasa, rumah adat dan pakaian adat di Indonesia terutama di pulau Jawa pada pembelajaran IPS sedangkan teks nonfiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN 2 Sadang. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sadang dengan subyek penelitian 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil data penelitian Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh jumlah skor sebesar 93,5 dengan kategori berhasil dan mengalami peningkatan menjadi 100,5 dengan kategori berhasil pada siklus II. Kreativitas siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku pada muatan Bahasa Indonesia dan IPS menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus Imemperoleh nilai sebesar 77,72 untuk mata pelajaran IPS dengan 19 siswa kategori tuntas sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai sebesar 74,12dengan 20 siswa kategori tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai sebesar 81,12 untuk mata pelajaran IPS dengan 23 siswa kategori tuntas sedangkan mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai sebesar 80,52 dengan 23 siswa yang termasuk kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Sadang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learningberbantuan media Mind Mappingdapat meningkatkan kreativitas siswa serta mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran tema 7 indahnya keragaman di negeriku muatan Bahasa Indonesia dan IPS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S,Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Kreativitas, Project Based Learning, Media Mind Mapping.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Oct 2020 03:40
Last Modified: 31 Oct 2020 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item