AZKA, MILLATI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar tema 7 pada siswa kelas iv di sdn pagerharjo 01. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (474kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati pada muatan Bahasa Indonesia dan IPA. Hasil belajar adalah hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai siswa menyangkut ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model inkuiri terbimbing adalah tahapan proses pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti atau penemuan untuk memahami suatu konsep berdasarkan masalah yang diajukan sehingga memperoleh pengetahuan dengan bimbingan dari guru. Media roda pintar merupakan salah satu media pembelajaran visual yang berbentuk roda atau lingkaran yang terbagi menjadi 6 sektor yang di dalamnya terdapat kantung yang berisi kartu soal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada tema 7 kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pagerharjo 01 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan roda pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, non tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 69% (Perlu bimbingan), siklus II 88% (Baik). Hasil belajar Bahasa Indonesia pada ranah pengetahuan prasiklus (48%) IPA (41%), Bahasa Indonesia siklus I (62%) dan IPA (55%), pada siklus II Bahasa Indonesia (97%) dan pada muatan IPA (93%). Hasil belajar ranah sikap siklus I (67%) dan siklus II (83%). Hasil belajar ranah keterampilan siklus I (68%) dan siklus II (86%). Berdasarkan hPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati pada muatan Bahasa Indonesia dan IPA. Hasil belajar adalah hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai siswa menyangkut ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model inkuiri terbimbing adalah tahapan proses pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti atau penemuan untuk memahami suatu konsep berdasarkan masalah yang diajukan sehingga memperoleh pengetahuan dengan bimbingan dari guru. Media roda pintar merupakan salah satu media pembelajaran visual yang berbentuk roda atau lingkaran yang terbagi menjadi 6 sektor yang di dalamnya terdapat kantung yang berisi kartu soal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada tema 7 kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pagerharjo 01 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan roda pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, non tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 69% (Perlu bimbingan), siklus II 88% (Baik). Hasil belajar Bahasa Indonesia pada ranah pengetahuan prasiklus (48%) IPA (41%), Bahasa Indonesia siklus I (62%) dan IPA (55%), pada siklus II Bahasa Indonesia (97%) dan pada muatan IPA (93%). Hasil belajar ranah sikap siklus I (67%) dan siklus II (83%). Hasil belajar ranah keterampilan siklus I (68%) dan siklus II (86%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 asil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar Siswa, Inkuiri terbimbing, Roda Pintar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 19:12 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 19:23 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14324 |
Actions (login required)
View Item |