UPAYA DINAS PERDAGANGAN DAN PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN KUDUS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KONSUMEN

WIDODO, WIDODO (2013) UPAYA DINAS PERDAGANGAN DAN PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN KUDUS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KONSUMEN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL.JUDUL) - Accepted Version
Download (658kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (155kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Dalam era globalisasidankemajuanteknologisepertisekarangini, terjadibanyakpenawaranterhadapkonsumen, sehinggakonsumenharuslebihmemahamihakdankewajibannya.PeranPemerintahdalammengatur, mengawasi, danmengontrolsangatdibutuhkansehinggaterciptasistem yang kondusif.Untukmewujudkankemandiriankonsumenpadamasyarakat, makasangatdiperlukanpembinaan, pendidikan, danlatihanmenujupadakemandirianpadatiapkonsumen. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapaupayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammeningkatkanpengetahuan, kesadaran, dankemandiriankonsumenuntukmelindungidiri, untukmengetahuiLangkah-langkahapasaja yang dilakukanDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus dalammenjaminadanyakepastianterhadapkonsumen, UntukmengetahuiFaktor-faktorapasaja yang menyebabkankonsumentidakmandirisebagaisubyekhukum, dan u ntukmengetahuibagaimana proses penyelesaiansengketaantaraprodusendankonsumenapabilaterjadipermasalahan. Metodependekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahyuridissosiologis.Spesifikasipenelitianiniadalahdeskriptifanalitis.Metodepengumpulan data yang digunakanmula-muladilakukanpenelitianterhadap data sekunder yang kemudiandilanjutkandenganpenelitianlapanganuntukmemperoleh data primer.MetodeAnalisis Data, Data yang diperolehdalampenelitianinidiolahdandianalisisdenganmenggunakanmetodenormatif- kualitatif. Dari hasilpenelitian yang didapat,menunjukkanbahwa: 1) UpayaDinasdalammeningkatkankemandiriankonsumendengancarasosialisasi, penyuluhandan pengawasan;2) langkah-langkahDinasdalammenjaminkepastianhukumdengancaramengatur, mengawasi, mengendalikanproduksi, distribusidanperedaranproduk; 3) Faktor yang menyebabkankonsumentidakmandiriantara lain konsumenkurangpahammengenai UUPK; 4) Proses penyelesaiansengketa di dalam UUPK menetapkanduacarapenyelesaianyaitu di luarpengadilandanmelaluipengadilan. Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahdalam era globalisasisepertisaatini, diharapkanbaikpelakuusahamaupunkonsumenharusmengetahuihak-hakdankewajibannyamasing-masing, sehinggatidakadapihak yang merasadirugikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Kristiyanto, SH.,MH dan Sumono, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:UpayaDinasPerdagangandanPengelolaanPasarKabupaten Kudus, PerlindunganKonsumen, KonsumenCerdas.
Subjects: Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 19 Jul 2013 01:44
Last Modified: 19 Jul 2013 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item