Efektifitas modul digital interaktif bernuansa budaya jawa untuk menurunkan kecemasan matematika pada siswa diskalkulia

Fakhrana, Nur Anisa (2022) Efektifitas modul digital interaktif bernuansa budaya jawa untuk menurunkan kecemasan matematika pada siswa diskalkulia. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas modul digital interaktif bernuansa budaya jawa dalam menurunkan kecemasan matematika pada siswa diskalkulia. Metode yang digunakan adalah quasi – experimental without control group menggunakan desain One Group Pretest – Posttest. Subjek diambil menggunakan teknik purpose sampling dengan kriteria diskalkulia berdasarkan hasil skrining diskalkulia dan assesmen WISC pada aspek berhitung. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas lima dari 5 sekolah yang berbeda. Penerapan metode dilakukan selama lima sesi pertemuan dengan estimasi waktu 1,5 jam. Materi dalam modul digital interaktif adalah statistika bagi siswa sekolah dasar. Intrumen ukur yang digunakan adalah skala kecemasan matematika yang dilakukan uji coba terhadap 31 siswa dengan kriteria yang hampir sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien beda dengan t = 6,622 dengan p > 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecemasan matematika sebelum dengan sesudah intervensi modul pembelajaran digital interaktif bernuansa budaya Jawa pada siswa diskalkulia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Latifah Nur Ahyani, S.Psi.,M.A.
Kata Kunci: Kecemasan matematika, modul pembelajaran digital interaktif, budaya jawa, diskalkulia
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Dec 2022 19:05
Last Modified: 29 Dec 2022 19:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item