PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI

RAMADHANI, ALFIYAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (434kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (522kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (146kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Wayang Tokoh dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS Materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan. Dalam penelitian ini penerapan model Make a Match difokuskan pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Media Wayang Tokoh merupakan media permainan tentang gambar perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang dikemas dalam cerita petualangan yang menarik. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Dalam penelitian ini penerapan model make a match difokuskan pada materi IPS perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang mengutamakan mencari pasangan. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yaitu pada ranah kognitif siklus I (28,1%) siklus II menjadi (78,1%), ranah afektif siklus I (45,23%) menjadi (75,23%) pad asiklus II, ranah psikomotorik siklus I (74%) menjadi (90,31%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (73%), menjadi siklus II (84%) melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa penggunaan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match dan menggunakan media dengan baik agar dapat meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Deka Setiawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Media Wayang Tokoh, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 02:10
Last Modified: 22 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item