Penerapan model open ended berbantuan media patik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv

SAPUTRI, ARISTIKA ANDRIANA (2019) Penerapan model open ended berbantuan media patik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran matematika yang dilakukan masih bersifat konvensional, yakni pada saat pembelajaran tidak menggunakan model dan media yang tepat. Sehingga siswamerasa kesulitan dan tidak aktif pada saat pembelajaran matematika, hal tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini dapat dilihat dari hasil prasiklus siswa kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam memecahkan masalah materi luas dan keliling bangun datar melalui model Open Ended berbantuan media patik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus dengan subjek penelitian sebanyak 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Open Ended berbantuan media patik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik meningkat pada setiap siklusnya (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 76,47% dengan predikat baik menjadi 82,35% dengan predikat baik pada siklus II, (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan nilai pada siklus I 73,4 dengan predikat cukup menjadi 77,2 dengan predikat baik pada siklus II, (3) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 70,85% dengan kriteria baik pada siklus I dan 77,09% dengan kriteria baik paa siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV A SD 1 Pasuruhan Kidul dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Open Ended berbantuan media patik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam proses belajar mengajar. Guru hendaknyamampu mengkondisikan siswa untuk berkelompok pada saat diskusi dan melakukan remidial serta pengayaan sesudah melakukan tes evaluasi dalam pembelajaran dengan model open ended berbantuan media patik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Open Ended, Media Patik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:24
Last Modified: 03 Nov 2020 05:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item