Pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media kubus satuan terhadap Hasil belajar siswa kelas v sd

FITRIYANI, NOOR (2019) Pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media kubus satuan terhadap Hasil belajar siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar pada materi volume kubus dan balok.Rendahnya hasil belajar ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang hanya mencapai 48%. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) untuk menguji hasil belajar materi volume kubus dan balok dengan menggunakan model treffinger berbantuan media kubus satuan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal klasikal 70%; (2) untuk menguji apakah terdapat perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan antara sebelum dan sesudah diterapkan model treffinger berbantuan media kubus satuan terhadap hasil belajar materi volume kubus dan balok; (3) untuk menguji apakah keaktifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran treffinger berbantuan media kubus satuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain uji coba quasi experimental design dengan bentuk one group pretest posttest. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Lor tahun jaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 33 siswa. Variabel bebas yang digunakan yaitu model treffinger berbantuan kubus satuan.Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup uji z, uji t dan uji regresi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penerapan model treffinger berbantuan media kubus satuan terhadap ketuntasan belajar secara klasikal telah mencapai ≥ 70% dari jumlah siswa.Pembelajaran yang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar aspek pengetahuan. Adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dari hasil uji t diperoleh Sig = 0,000 < 0,05, sehingga H_a diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada aspek pengetahuan antara sebelum dan sesudah penerapan model treffinger berbantuan media kubus satuan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keaktifan belajar berpengaruh terhadap pengetahuan matematika siswa dengan persentase sebesar 71,1%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Treffinger, Media Kubus Satuan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:02
Last Modified: 03 Nov 2020 06:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item